Blogger news

Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/07/cara-membuat-judul-blog-bergerak.html#ixzz2BFGbYrG2

KESEHATAN REPRODUKSI




PENDAHULUAN
Usia anak dan remaja merupakan suatu periode transisi dalam upaya menemukan jati diri kedewasaan biologis. Maka perlu adanya transformasi substansi biologis, psikologis dan mental spiritual hanya dapat dilakukan dalam suasana yang setara terbuka dan harmonis penuh dengan cinta kasih sayang. Karena itu perlu adanyapengetahuan tentang kesehatan reproduksi.
Apakah kesehatan reproduksi?
·         Reproduksi, mempunyai arti suatu proses kehidupan manusia dalam menghasilkan keturunan demi kelestarian hidupnya. Sedangkan yang di sebut dengan organ reproduksi adalah alat tubuh yang berfungsi untuk reproduksi manusia.
·         Kesehatan reproduksi remaja, adalah suatu kondisi sehat yang menyangkut system, fungsi dan proses yang dimiliki oleh remaja pengertian sehat disini untuk semata-mata bebas dari kecacatan namun juga sehat sehat secara mental, rohani, cultural/
Apa yang perlu kamu ketahui tentang alat reproduksi?
Alat reproduksi adalah bagian-bagian tubuh yang berfungsi dalam froses melanjutkan keturunan.
Apa saja alat reproduksi wanita?
·         Bagian luar
-          Bibir luar/labio mayora
-          Bibir dalam/labio minora
-          Kelentit/klitoris, yang sangat peka karena banyak mengandung serabut syaraf
-          Mulut vagina, merupakan rongga penghubung rahim dengan bagian luar tubuh. Lubang vagina ditutupi oleh selaput dara (hymen) yaitu jaringan berbentuk cicin tipis

·         Bagian dalam
-          Vagina/liang senggama dan jalan keluar bayi waktu lahir
-          Mulut rahim/serviks
-          Rahim/uterus, tempat tumbuhnya bayi pada ibu/wanita hamil.
-          2 saluran telur yang menghubungkan kantong telur dengan rahim disebut Tuba Fallopi
-          2 indung telur (ovarium) kanan dan kiri yang memproduksi sel telur dan hormone sex kewanitaan


Selaput dara
Pada wanita tanda robeknya selaput dara (tidak perawan) biasanya terjadi karena hubungan seks. Pada saat hubungan seks yang pertama dapat disertai sedikit pendarahan, tetapi dapat juga tidak. Tergantung kekenyalan alat selaput daranya. Selaput dara bisa juga robek karena kecelakaan atau kegiatan olah raga yang berat.
Apa haid itu?
Pada wanita, sepasang indung telur yang terletak di kanan kiri rahim melepaskan sel telur yang matang. Bersama dengan itu terjadi penebalan dinding rahim yang berguna sebagai tempat sel telur bersarang setelah dibuahi sperma. Bila sel telur tidak dibuahi lapisan dinding rahim yang menebal tersebut akan luruh dan dikeluarkan dalam bentuk darah haid. Haid berlangsung selama kurang lebih 3 – 7 hari. Jarak satu haid ke haid berikutnya atau yang disebut siklus haid pada tiap wanita tidak sama, biasanya kurang 28 hari (antara 21 – 35 hari), tapi pada masa remaja biasanya siklus ini belum teratur.
Haid pertama kali disebut Menarche, terjadi pada usia 11 – 13 tahun. Sedangkan berhentinyahaid di sebut Menopause, terjadi pada usia 40 – 50 tahun.
Apa saja alat reproduksi pria itu?
·         Zakar/ penis, berbentuk bulat memanjang dan memiliki ujung seperti helm (glans). Ujung penis ini dipenuhi serabut syaraf yang peka.
·         Buah zakar/testis, jumlahnya sepasang, bentuknya bulat lonjong dan menggantung pada pangkal penis. Testis inilah yang menghasilkan sel kelamin pria (sperma).
·         Saluran kencing/uretra. Saluran ini untuk mengeluarkan air mani dan air seni, tetapi ini tidak secara bersamaan pada saat air mani dikeluarkan secara otomatis katub kandung kemih tertutup.
·         Kelenjar prostat, menghasilkan cairan yang berisi zat makanan untuk menghasilkan sperma
·         Kelenjar seminalis, fungsinya hampir sama

Mengapa pria perlu disunat?
Dengan disunat penis menjadi lebih mudah dibersihkan sehingga mengurangi kemungkinan terkena penyakit infeksi.
Apa sih mimpi basah itu?
Mimpi basah adalah peristiwa ejakulasi (pengeluaran air mani) pada saat tidur. Karena testis dan salurannya terisi penuh sperma. Mimpi basah ini merupakan cara alami tubuh mengeluarkan timbunan sperma yang terbentuk secara terus menerus.
Ejakulasi pertama merupakan tanda bahwa kamu telah siap untuk melaksanakan proses .
Apa sih masturbasi atau onani itu?
Masturbasi/onani adalah kegiatan menyentuh bagian tubuh dengan tujuan untuk merangsang diri sendiri. Keinginan ini alamiah dan tidak beresiko selama dilakukan sendiri. Sebagian remaja biasa melakukan, dan hal ini bisa menimbulkan ketagihan. Dari segi kedokteran tidak benar kalau masturbasi dapat menimbulkan kebutaan, kegilaan, kemandulan atau gangguan syaraf. Tapi dari segi psikologis bisa menimbulkan rasa tertekan dan bersalah.
Apakah masa subur itu?
Dari segi ilmu kebidanan, titik puncak kesuburan sebenarnya terjadi pada hari ke 14 sebelum haid berikutnya seringkali tidak sama pada setiap wanita, maka masa subur diambil perkiraan 3 – 5 hari sebelum dan sesudah hari ke 14 tersebut. Hubungan seks pada masa subur berresiko terjadinya kehamilan. Masa subur pada remaja sulit diketahui secara tepat sehingga hubungan sex yang dilakukan pada saat tidak subur tetap berresiko menyebabkan kehamilan.
Apa sih resikonya kehamilan remaja itu?
Kehamilan remaja bisa menyebabkan beberapa resiko yang mengancam jiwa remaja wanita dan bayinya yaitu :
·         Keguguran
·         Bayi lahir sebelum waktunya (kurang dari 9 bulan) serta berat badan rendah (kurang dari 2,5 kg)
·         Proses kelahiran dengan penyulit (persalinan macet dan pendarahan) yang bisa mengakibatkan kematian pada calon ibu dan bayinya.

Resiko lain dari kehamilan yang tidak diinginkan, yaitu :
·         Gangguan kejiwaan seperti rasa ketakutan dan rasa tertekan yang dalam, kadang timbul keinginan bunuh diri.
·         Resiko putus sekolah
·         Melakukan pengguguran kandungan yang tidak aman (secara sembunyi – sembunyi).
Apa yang perlu kamu hindari jika kamu pacaran?
Bagian tubuhmu seperti alat kelamin, bokong, paha sebelah dalam, buah dada, leher, mulut merupakan daerah yang mudah terangsang. Hindari sentuhan langsung di daerah ini karena dapat mendorong timbulnya nafsu sexual.
Apakah perilaku seksual beresiko itu?
·         Homoseksual dan biseksual
Homoseksual adalah suatu kondisi tertentu dimana seseorang dapat tertarik dengan sesama jenisnya. Hubungan dan perasaan yang melebihi batas kewajaran dari laki – laki dengan laki – laki dikenal dengan istilah Gay. Sedangkan jika wanita dengan wanita lainnya dikatakan Lesbian.
Mereka yang tertarik dengan sesama jenisnya dapat juga tertarik dengan lawan jenisnya serta dorongan seksual timbul terhadap keduanya atau biseksual. Hal ini tidak berarti selamanya menjadi homoseksual. Ini semua terjadi, kadang -  kadang karena pengaruh lingkungan, atau terbawa arus teman – temanmu.
·         Hubungan seks anal (melalui dubur) dan oral (melalui mulut)
Apa saja tanda – tanda kehamilan itu?
Tanda – tanda kehamilan pada wanita meliputi :
·         Perut ibu menjadi membesar
·         Tidak datang haid
·         Pusing dan muntah pada pagi hari
·         Buah dada membesar
·         Daerah sekitar puting agak menjadi gelap
Kapankah masa reproduksi yang baik itu?
Masa reproduksi sehat sejahtera yang dianjurkan adalah saat wanita berada pada umur 20 – 30 tahun. Pada saat itu wanita berada pada keadaan yang paling baik untuk hamil dan melahirkan anak dengan resiko yang paling rendah.

Related Product :

Posting Komentar

komentar harus sopan

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. tempat berbagi ide dan gagasan (setiyono) - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger