Blogger news

Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/07/cara-membuat-judul-blog-bergerak.html#ixzz2BFGbYrG2

tips menulis puisi


puisi yang baik adalah puisi yang didalamnya mengandung unsur atau makna tertentu. selain itu, puisi yang baik adalah yang banyak mengandung arti (multiinterpretabe)

pernahkah anda membuat puisi?
jika belum, apakah kamu ingin membuat puisi?

banyak orang beranngapan bahwa membuat puisi itu susah, menganggap puisi itu alay,melow, dan ada juga puisi itu indah, puisi itu ekspresif dan puisi itu sesuatu banget.
terus bagaimana dengan anda??
terserah anda bagaiman menafirkan puisi.

terus jika saya suka puisi dan saya ingin membuatnya, gimana caranya??

ok,,simak sempai selesai.
dalam hal membuat puisi, sebenarnya relatif mudah dan menyenanagkan kawan-kawan. tergantung bagaimana cara memahami hakikat puisi itu sendiri dan sedikit usaha untuk membuatnya. membuat puisi dijaman sekarang berbeda dengan zaman prasejarah (dulu).
dizaman yang moderen ini, puisi tidak terikat lagi sama aturan aturan (konvevsi) yang ditentukan.
jadi dalam membuat puisi kita jadi bebas menentukan baris, isi, diksi dan tema puisi yang akan kita buat. bedan dengan zaman dahulu,,apabila kita bikin puisi agak melenceng saja,,,ehh,,,langsung dikritik habis-habisan.

oke, cukup ngocehnya ya,,,langsung saja ini tips-tips membuat puisi dari saya.

1. tentukan tema.
puisi itu harus mempunyai tema. jangan sampai puisi yang anda buat tidak mempunyai tema dan arahnya tak menentu. misalnya tema pendidikan, tema cinta, perjuangan, pengorbanan.
yang penting sesuai dengan keinginan anda.

2. diksi
 puisi adalah karya sastra yang mengandung unsur estetika. puisi yang baik menggunakan kata-kata yang indah puitis dan penuh makna. jadi anda harus menggunakan kata-kata yang indah dan puitis

 3. mencoba dan terus mencoba.
  tidak ada hasil tanpa ada upaya dan doa, jika anda ingin sukses, maka lakukanlah kedua-duanya. begitu juga dalam membuat puisi, kita harus senantiasa mencoba-dan mencoba. jangan pernah puas putus asa. yang terpenting jadi. masalah bagus atau tidaknya biar orang lain yang menilai,,tohh semua kan butuh proses.  sering-seringlah tunjukkan karyamu 'kepada orang lain,,anti mereka akan memberikan komentar atau kritikan yang tujuannya untuk memotivasi kita untuk berkarya yang lebih baik lagi. dan tambah saya,,sering baca karya sastrawan yang karya-karyanya sudah populer.

demikianlah tips dari saya.. semoga  bermanfaat,,untuk yang mau copas harus diedit dulu yaa,,,soalnya banyak kekurangan,,,
namanya juga masih prosesbelajar heheheh :)


























   




Related Product :

Posting Komentar

komentar harus sopan

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. tempat berbagi ide dan gagasan (setiyono) - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger