Blogger news

Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/07/cara-membuat-judul-blog-bergerak.html#ixzz2BFGbYrG2

CONTOH RPP SMA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )



Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: u.a.d.JPG


Disusun oleh :
Muhammad Ayub Maulana      ( 11003057 )





PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
YOGYAKARTA
2014


Satuan Pendidikan      : SMA
Kelas/Semester            : X/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Materi Pokok              : Teks Prosedur Kompleks
Alokasi Waktu            : 2 Pertemuan (4x45 menit)

A.  Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan menunjukkan sikap pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam kehidupan sosial secara efektif dengan memiliki sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia serta mempromosikan penggunaan bahasa Indonesia dan mengapresiasi sastra Indonesia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang  bahasa dan sastra Indonesia serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian bahasa dan sastra yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks).
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret serta ranah abstrak untuk mengembangkan ilmu bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri dengan menggunakan metode ilmiah sesuai kaidah keilmuan terkait.

B. Kompetensi Dasar
1.3    Membandingkan teks prosedur kompleks, baik melalui lisan maupun tulisan.
2.3    Memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren sesuai dengan  karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan.

 C. Indikator Pencapaian Kompetensi
a.       Membandingkan teks prosedur kompleks, baik melalui lisan maupun tulisan.
b.      Menginterpretasi makna teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan.


                                                                                                                           
D.  Tujuan Pembelajaran
a.          Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
b.         Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat  mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui  teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
c.          Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat membandingkan teks prosedur kompleks, baik melalui lisan maupun tulisan.
d.         Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menginterpretasi makna teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan.

E.  Materi Pembelajaran
1. Teks prosedur.
2. Persamaan/perbedaan  struktur isi dan ciri bahasa dua teks prosedur kompleks.
3. Langkah-langkah penulisan teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa.
F. Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan Saintific
2.      Model Pembelajaran berbasis teks
3.      Sintak
a. Membangun Konteks
b. Pemodelan teks
c. Pemecahan masalah secara bersama
d. Pemecahan masalah secara individu
4.      Model Pembelajaran: Talking Stick
a. Media Pembelajaran: PPT
b. Alat: LCD, Papan Tulis
c. Bahan: -
5.      Metode Pembelajaran: tanya jawab, inkuiri, diskusi, penugasan dan presentasi.
G. Sumber Belajar
1.      Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Guru: Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.      Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
 H. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan
Deskripsi
Waktu
Pendahuluan
a.       Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi serta pembelajaran sebelumnya.
b.      Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
c.       Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.


15 menit
Kegiatan inti
Mengamati
a.       Siswa membaca dua teks prosedur dengan teliti
b.      Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  persamaan dan perbedaan dua teks prosedur.

Mempertanyakan
Guru dan siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan persamaan dan perbedaan teks prosedur.
Mengeksplorasi
Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang persamaan dan perbedaan serta cara menyusun  teks prosedur.

Mengasosiasikan
a.       Siswa berkelompok mendiskusikan tentang persamaan dan perbedaan dua teks prosedur dari struktur dan bahasa.
b.      Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan bahasa teks prosedur.

Mengomunikasikan
a.       Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang persamaan/perbedaan struktur dan bahasa  dari dua teks prosedur kompleks.
b.      Membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas, siswa lain memberikan tanggapan.








60 menit
Penutup
1.      Guru dan siswa melakukan refleksi terkait dengan pembelajaran yang telah berlangsung.
2.      Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.


15 menit






Pertemuan Kedua
Kegiatan
Deskripsi
Waktu
Pendahuluan
a.       Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
b.      Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
c.       Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

Kegiatan inti
Mengamati
a.       Siswa membaca teks prosedur dengan teliti.
b.      Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  teks prosedur.

Mempertanyakan
Guru dan siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan cara membuat teks prosedur.

Mengeksplorasi
Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang cara menyusun  teks prosedur .

Mengasosiasikan
Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan bahasa teks prosedur.


Mengomunikasikan
Siswa memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.

Penutup
a.       Guru dan siswa melakukan refleksi terkait dengan pembelajaran yang telah berlangsung.
b.      Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.


I.                   Penilaian
1. Sikap Spiritual dan Sosial
a. Teknik Penilaian: Observasi
b. Bentuk Instrumen: Lembar Observasi
c. Kisi-Kisi:
LEMBAR OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL
No.
Sikap/Nilai
SB
B
C
K
1.

2.

3.

4.

5.

6.


Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
Terbiasa berinisiatif dalam  memecahkan masalah.
Terbiasa memberi pendapat dalam pemecahan masalah.
Terbiasa toleran dalam memecahkan masalah.
Terbiasa membantu teman sejawat dalam memecahakan masalah.
Terbiasa menggunakan pilihan kata, ekspresi, dan gesture santun.





Keterangan:
SB: Sangat Baik
B  : Baik
C  : Cukup
K  : Kurang

2. Pengamatan
Rubrik Penilaian Sikap
No.
Rubrik
Skor
1.
2.

3.

4.
Siswa sama sekali tidak ada usaha sungguh-sungguh dalam belajar.
Siswa menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam belajar tetapi masih sedikit dan belum tetap.
Siswa menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam belajar yang cukup sering dan mulai tetap.
Siswa menunjukkan adanya usaha sunguh-sungguh dalam belajar terus-menerus dan tetap
1
2

3

4

3.      Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
 Persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur kompleks yang dibaca.
Tes tertulis
Isian
 Jelaskan persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur kompleks yang dibaca.
 Memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Unjuk Kerja
Keterampilan tertulis
Buatlah  teks prosedur kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.


Yogyakarta, 2 Juni 2014
Mengetahui,
Kepala SMA                                                                                       Guru Mata Pelajaran

                                                                                                Muhammad Ayub Maulana S.Pd

Related Product :

Posting Komentar

komentar harus sopan

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. tempat berbagi ide dan gagasan (setiyono) - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger