Blogger news

Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/07/cara-membuat-judul-blog-bergerak.html#ixzz2BFGbYrG2

Latihan vokal dasar dalam drama




Salam budaya
Pernahkah anda nonton romeo dan Juliet? Pernahkah anda menonton drama Godot atau drama yang lainnya? Iyaa itu yang dinamakan “teater”. Teater adalah seni pertunjukan diatas panggung. Menurut para ahli teater adalah berasal dari kata Yunani, “theatron”  (bahasa Inggris, Seeing Place)  yang artinya tempat atau gedung  pertunjukan.
 Ada beberapa unsur dalam sebuah teater salah satunya adalah unsur bunyi /vocal. Ada tiga kemampuan dasar yang harus dimiliki bila seseorang ingin berteater yaitu Dancing, acting dan singing. Nah …kali ini saya akan focus membahas dari segi vocal/singing. Vocal adalah unsur terpending dari sebuah  teater bayangkan apabila seorang actor yang pandai berakting apabila vocalnya “kurang”, maka bisa dikatakan bukannlah actor yang hebat. “kurang” yang saya maksud adalah bukan dari segi bagus dan tidaknya saja, melainkan dari segi tinggi nadanya, artikulasinya, kesesuaian warna suara terhadap tokoh yang akan diperankannya dan lain-lain. Melihat sangat pentingnya vocal dalam sebuah teater, langsung saja praktik latihan dasar vocal.
1.      Pernafasan Perut
Mengapa pernafasan perut, Bukan pernafasan dada? Coba anda bayangkan bila anda berbicar selama 2 jam tanpa anda berhenti, kira-kira apa yang anda rasakan? Saya menjamin anda akan ngos-ngosan atau sesak nafas dan yang pasti anda kelelahan. Nahh maka dari itu, dilakkan dengan mengunakan pernafasan perut. Pernafasan perut memungkinkan udara yang masuk akan banyak sehingga menjadikan nafas kita menjadi panjang dan vocal kita menadi tinggi. Yang pasti jantng  menjadi sehat.
Untuk melakukan pernafasan perut yang pertama
a.       Hirup udara melalui hidung sebanyak-banyaknya. Masukkan udara kedalam perut sebanyak mungkin sehingga perut anda menjadi buncit.
b.      Tahan udara yang ada didalam perut selama mungkin.
c.       Setelah itu hembuskan perlahan-lahan melalui mulut dikit-sedikit sampai habis tanpa tersisa. Dan ulangi sebanyak mungkin.


2.       Latihan vocal dasar.
Ada empat vocal dasar yaitu a i u e o. pasti kalian semua sudah tau apa itu vocal dasar. Hal tersebut sangat penting bagi para pelaku seni pertunjukan guna menunjang dalam berdialok juga melatih suara.
Yang harus dilakukan adalah:
a.       Sebut nada dasar  a i u e o dengan frekuensi rendah dulu secara baik dan benar.
b.      Setelah dari nada yang rendah kemudian naik kenada sedang lalu ke nada yang tinggi.
c.       Begitu seterusnya dilakukan secara berulang-ulang.

3.       Latihan artikulasi
Ada cara paling mudah dalam melati artikulasi anda. Yaitu dengan menyebut kata (kat kit kut ket kot) dengan frekuensi pelan  sedang kemudian cepat dan berulang-ualang. Hal tersebut guna dilakukan untuk melatih agar pas saat berbicara dalam sebuah pertunjukkan atau berdialog sehari-hari tidah mblibet, terbata-bata dan tersendat-sendat
Itulah salah satu teknik dasar dalam sebuah teater. Intinya berlarih yang tekun dan semangat agar vocal mejadi bagus dan indah. Selamat mencoba dan salam budaya.

Related Product :

Posting Komentar

komentar harus sopan

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. tempat berbagi ide dan gagasan (setiyono) - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger