Blogger news

Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/07/cara-membuat-judul-blog-bergerak.html#ixzz2BFGbYrG2

CONTOH RESENSI BUKU



RESENSI BUKU

Judul: Ketika Angin Bertiup - When The Wind Blows  
No.: ISBN 9796866773 
 Penulis: James Patterson 
 Penerbit: Gramedia Pustaka Utama 
 Tanggal terbit: Maret - 2006 
 Jumlah Halaman: 510 
      Frannie O’Neil adalah dokter hewan berbakat yang tinggal di Colorado.Dihantui pembunuhan misterus suaminya,David, Frannie membaktikan hidupnya untuk pekerjaannya.Tidak lama kemudian terjadi pembunuhan misterius lain dan Kit Harrison agen FBI yang controversial, datang ke tempatnya.
     Ketika penyelidikan itu sedang berlangsung, Frannie melihat fenomena asing yang mengejutkan di hutan dekat rumah sakit hewan miliknya. Fenomena yang akan mengubah hidupnya untuk selamanya…
     Fenomena itu bernama MAX.
     Dengan kemampuan  yang luar biasa , Max, anak perempuan yang baru berusia sebelas tahun itu,membantu Frannie dan Kit mengungkapkan salah satu rencana ilmu pengetahuan modern yang paling jahat.Rencana gila sekelompok manusia yang ingin menjadi Tuhan, dan menghilangkan batas antara manusia dan hewan.

Novel Laskar Pelangi
Judul                   : Laskar Pelangi
Penulis                 : Andrea Hirata
Penerbit               : Bentang
Tempat Terbit     : Yogyakarta
Tahun Terbit        : Cetakan III, Juli 2007
Tebal halaman     : 533 halaman
Harga                   : Rp.69.000,-

       Diawali saat SD Muhammadiyah, sekolah kampung di Belitong dengan fasilitas yang sangat terbatas bahkan minus, membuka pendaftaran untuk murid baru kelas satu. Hingga saat2 terakhir pendaftaran hanya 9 orang anak yang mendaftar dan siap masuk kelas di hari pertama. Padahal sekolah reot ini sudah diancam untuk membubarkan diri jika murid barunya kurang dari 10 orang.
       Di kalangan bawah, menyekolahkan anak berarti mengikatkan diri pada beban biaya yang harus ditanggung selama bertahun2. Dan tertutupnya kesempatan untuk mempekerjakan si anak secara penuh waktu demi membantu mengurangi beban hidup yang semakin berat.
       Jika tak ada Harun, seorang anak berusia 15 tahun dengan keterbelakangan mental, yang disekolahkan oleh ibunya agar tidak cuma mengejar anak ayam di rumah, tentu tidak pernah terjadi kisah ini. Ikal tidak akan pernah bertemu, berteman satu kelas dengan Lintang, Mahar, Syahdan, A Kiong, Kucai, Borek alias Samson, Sahara, Trapani, dan Harun. Tidak akan pernah bertemu Bu Muslimah, guru penuh kasih namun penuh komitmen untuk mencerdaskan anak didiknya. Dan tidak akan pernah ada Laskar Pelangi, yang di musim hujan selalu melakukan ritual melihat pelangi sore hari dengan bertengger di dahan2 pohon filicium yang ada di depan kelas mereka.
      Selanjutnya dikisahkan ragam kejadian yang penuh suka dan duka dari kesepuluh anak anggota Laskar Pelangi. Nantinya di tengah cerita Laskar Pelangi mendapat anggota kesebelas, anggota wanita kedua, Flo.
      Berkisah tentang Lintang, anak super genius didikan alam, yang rumahnya berjarak 40 km dari sekolah dan dilaluinya dengan bersepeda setiap hari tanpa mengeluh. Bahkan ketika suatu hari rantai sepedanya putus, dia rela berjalan kaki menuntun sepedanya ke sekolah. Dan merasa bahagia karena masih mendapat kesempatan ikut menyanyikan Padamu Negeri di jam pelajaran terakhir…. *merinding*… (jaman SMP aku sempat kagum dengan teman2 yang setiap harinya mengayuh sepeda dari rumahnya yang berjarak 10 km dari sekolah, demi bisa menuntut ilmu di SMP Negeri yang baru ada di kota kecamatan… tapi ternyata itu belum ada apa2nya).
        Berkisah tentang Mahar anak genius berikutnya, tapi yang satu ini genius dalam bakat seni. Berkisah tentang rutinitas membeli kapur tulis di toko yang jauh dari sekolah dan berbau busuk, menggiring ke kisah cinta pertama Ikal kepada A Ling yang berkuku indah. Tentang keberhasilan mereka mengangkat nama SD Muhammadiyah yang selama ini selalu dianggap remeh dalam acara karnaval 17 Agustus dan lomba cerdas-cermat. Tentang cita-cita Ikal. Tentang hilangnya Flo. Tentang petualangan mistis ke Pulau Lanun menemui Tuk Bayan Tula bersama Flo dan Mahar. Dan bagian pertama ini ditutup dengan kesedihan mendalam yang sangat mengharukan saat Laskar Pelangi harus merelakan perginya seorang teman yang kurang beruntung…
       Bagian pertama itu mengambil rentang waktu dari hari pertama Laskar Pelangi masuk kelas satu Sekolah Dasar Muhammadiyah hingga empat bulan menjelang Ebtanas SMP di gedung sekolah yang sama dengan orang2 yang sama (tambah Flo tentunya).
        Pada bagian kedua, kisah ini melompat dua belas tahun kemudian saat Laskar Pelangi telah menjadi sosok2 dewasa yang harus berjuang menggapai peruntungannya dalam kehidupan nyata. Masing2 menjalani suratan hidupnya yang sudah ditetapkan. Ada yang berjalan sesuai cita2nya, ada yang tidak terduga lompatannya, ada juga yang menyerah pada nasib yang sudah tergambar jelas sejak dahulu.
       Dan akhirnya pun mereka semua dengan perjuangan yang keras dan gigih dapat mendapatkan apa yang mereka cita-citakan


Resensi Buku Nonfiksi Mutiara di Ladang

Judul           :  Bertanam Jagung Unggul
Penulis                 :  Ir. Purwono, M.S
                               Rudi Hartono, S.P
Penerbit               :  Penebar Swadaya
Tahun Terbit         :  2005
Jumlah Halaman   :  67 halaman
Harga                  :  Rp 14.600

       Buku nonfiksi berjudul “Bertanam Jagung Unggul” ini ditulis oleh dua orang yang ahli dalam bidangnya yaitu Ir. Purwono dan Rudi Hartono. Ir. Purwono, seorang magister sain kelahiran Pekalongan pada tanggal 22 September 1958 adalah lulusan IPB dengan program studi agronomi. Sedangkan Rudi Hartono juga lulusan IPB dari Fakultas Pertanian dan meraih gelar sarjana pertanian pada tahun 2000. Pria yang aktif dalam berbagai organisasi ini lahir pada Juli 1977 di Uloe Bone, Sulawesi Selatan. Buku Bertanam Jagung Unggul ini bukan satu-satunya hasil karya mereka, keduanya telah menulis beberapa buku lain tentang pertanian yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya.
        Secara global, buku ini merinci tentang cara-cara mudah untuk bertanam jagung unggul sebagai tanaman pangan sumber karbohidrat kedua setelah padi. Di Indonesia, jagung masih diimpor karena
produksi belum mencukupi. Untuk menghasilkan produksi jagung yang tinggi, diperlukan teknik budidaya yang tepat. Jagung yang baik biasanya tidak mengandung kotoran, tidak tercemar hama atau penyakit, tidak tercampur varietas lain, sehat, dan tidak keriput / mengkilap. Keberhasilan bertanam jagung juga dipengaruhi beberapa faktor misalnya, jenis tanah yang dapat ditanami jagung antara lain Andosol (tanah lempung), Latosol (tanah berdebu), dan Grumosol. Ph yang baik untuk jagung antara 5,6-7,5 , kurang dari itu, tanaman jagung tidak dapat tumbuh maksimal karena keracunan Al. Bertanam jagung sebaiknya pada kemiringan maksimum 8%, karena kemungkinan erosinya sangat kecil. Iklim yang sesuai untuk jagung adalah sedang (subtropis-tropis basah). Penanaman jagung dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap pengolahan tanah, tahap penanaman, dan tahap pemeliharaan. Pada tahap pengolahan tanah dibentuk saluran drainase dan dilakukan pengapuran. Proses pemeliharaan tanaman jagung relatif mudah, yaitu hanya meliputi penyiangan, pembumbunan (memperkokoh posisi batang), pemupukan, pengairan dan pemeliharaan terhadap hama dan penyakit.
      Ditinjau dari segi bahasa, buku ini mudah dipahami, dimengerti, dan cukup bermanfaat untuk para pemula yang ingin sukses bertanam jagung unggul. Kelebihan lain yaitu cover dengan warna cerah dan dilengkapi gambar yang cukup menarik, juga kualitas kertas yang digunakan bagus.  Isi buku juga dilengkapi gambar-gambar ilustrasi dan contoh-contoh gambar pada tiap sub bab sehingga memudahkan pembaca memahami maksud si penulis.
       Kekurangan dari buku ini yaitu isinya terlalu singkat untuk ukuran buku panduan. Banyak informasi yang kurang dalam beberapa bab sehingga bisa membuat pembaca sedikit sangsi untuk melakukan percobaan bertanam jagung.
      Secara keseluruhan buku ini layak dibaca dan bisa dijadikan salah satu referensi sebelum bertanam jagung. Bahasanya mudah dipahami sehingga dapat cepat dimengerti walaupun dibaca oleh seseorang yang awam akan dunia pertanian.

RESENSI BUKU NONFIKSI
Judul buku      : Matematika aplikasi untuk SMA      dan MA kelas XII program studi ilmu alam
Penulis             : Pesta E. S.
                          Cecep Anwar H. F. S.
Penerbit           : Departemen Pendidikan Nasional
Cetakan           : X ( kesepuluh ), 2008
Jumlah hlm      : 194 hlm.
Jumlah bab      : 7 bab
Ukuran buku   : 20,5 × 28 cm
Harga buku     : Rp. 11. 756, 00

        Buku ini berjudul  Matematika aplikasi yang diperuntukkan untuk SMA dan MA kelas XII program studi ilmu alam, supaya dapat dipelajari sebagai sumber pengetahuan dan siswa dapat mendalami pelajaran matematika secara luas. Buku ini ditulis oleh Pesta E. S. dan Cecep Anwar H. F. S, dimana dalam buku ini, siswa dapat belajar aktif melalui aktifitas di kelas, gamemath dan siapa berani.
        Buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang menarik. Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh siswa. Selain itu, buku ini juga didukung dengan tampilan tata letak yang baik, disain dan ilustrasi yang menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa.
       Buku ini memiliki banyak keunggulan yang disajikan dibandingkan dengan buku lain yakni, memiliki daftar simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi beserta penjelasannya yang dilengkapi nomor halaman kemunculannya. Memiliki Info Math yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi. Memiliki Sahabat kita yang merupakan informasi latar belakang matematikawan yang telah berjasa dengan menemukan berbagai macam teori yang sekarang ini digunakan dan dirasakan manfaatnya. Memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya. Memiliki indeks yang merupakan kumpulan istilah penting yang dilengkapi dengan nomor halaman kemunculan istilah dan disajikan secara alfabetis.
       Pada buku ini, disamping memiliki keunggulan, namun juga terdapat kekurangan didalamnya yakni, gambar yang disajikan pada buku ini tidak berwarna sehingga bisa saja dapat menimbulkan kurangnya minat para siswa dalam mengkaji buku tersebut. Selain itu, kualitas kertas buku yang digunakan juga kurang bagus sehingga mudah cacat atau robek.
        Buku ini disajikan hanya untuk pelajar SMA kelas XII program ilmu alam, untuk dipelajari sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan yang meliputi aspek-aspek pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai. Pengembangan aspek-aspek tersebut untuk meningkatkan dan mengembangkan kecakapan hidup (life-skills) melalui seperangkat kompetensi agar siswa dapat bertahan hidup, menyesuaikan diri, dan berhasil di masa datang.


                             ANGGA APRINASTA PUTRA
                                                            12003179
                                                            KELAS D

Related Product :

Posting Komentar

komentar harus sopan

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. tempat berbagi ide dan gagasan (setiyono) - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger